Rengginang Sakera Khas Separah




         Rengginang adalah makanan ringan yang bisa saja disebut sebagai camilan. Rengginang sendiri pada umumnya tebuat dari beras ketan. Namun, kali ini dengan sedikit inovasi dan kreasi rengginang akan dibuat dengan bahan dasar singkong. Mungkin tampak sedikit asing dan aneh bagi kita menggunakan singkong sebagai bahan dasar pembuatan rengginang. Melihat banyaknya potensi tanaman singkong yang ada di desa Separah, kelompok KKN 43 Universitas Trunojoyo Madura  2016  telah melakukan pelatihan pembuatan rengginang singkong agar dapat meningkatkan nilai ekonomis singkong di desa Separah yang ebelumnya hanya dijual tanpa diolah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual yang tinggi. 
Pelatihan rengginang singkong dilakuakan pada hari jum’at tepatnya pada tanggal 22 juli 2016. Pelatihan tersebut ditujukan kepada para ibu rumah tanggaa dan remaja di desa Separah. Seperti yang terlihat pada foto diatas, sedikit memang yang mengikuti pelatihan rengginang yang diadakan oleh KKKN 43. Hal tersebut dikarenakan para ibu rumah tangga dan remaja yang tidak bisa meningalkan kesibukan masing-masing. Meskipun begitu para ibu rumah tangga dan remaja yang hadir dalam pelatian rengginang begitu antusias. Mereka sangat senang dengan adanya pelatihan tersebut. “Biasanya sih singkong yang diambil dari kebun langsung dijual di pasar dan harganya pun tidak sesuai. Kebanyakan warga mengalami kerugian. Saya baru kali ini dengar rengginang bisa dibuat dengan menggunakan singkong. Mungkin saya akan mencobanya”, ujar ibu Kira, salah seorang ibu rumah tangga. 
Rasa ingin tahu mereka tidak hanya sampai disitu. Belum juga PJ pelatihan rengginang singkong yaitu Deni Aprilia menjelaskan mengenai bahan apa saja yang digunakan untuk membuat rengginang singkong tersebut ada salah seorang ibu rumah tangga yang antusias dalam pelatihan ini dan bertanya dengan rasa penasaranya “Apa saja bu ini bahanya unntuk membuat rengginang ini ?”.  Rasa penasaran yang menimbulkan antusias mereka menumbuhkan semangat pula bagi PJ pelatihan ini. Bahan yang diperlukan untuk membuat rengginang singkong ini sangatlah sederhana yaitu singkong, bawang putih, dan garam. Adapun langkah dalam pembuatan rengginang singkong yang juga telah di jelaskan dalam pelatihan rengginang di desa Separah ini sebagai berikut:
  1. Singkong diparut halus.
  2. Parutan singkong diperas menggunakan kain.
  3. Diamkan sari pati singkong yang dihasilkan selama proses pemerasan parutan singkong selama ± 12 jam.
  4. Letakkan ampas singkong diwadah yang terpisah dengan perasan parutan singkong.
  5. Setelah itu pisahkan air dan sari pati perasan singkong.
  6. Ambil sari pati singkong dan campur dengan ampas singkong.
  7. Setelah tercampur rata, masukkan bahan yang telah dihaluskan kedalam adonan.
  8. Jika adonan telah siap, bentuk adonan yang telah diletakan diatas nampan dan putar nampan hingga adoanan terbentuk bulat-bulat kecil.
  9. Letakkan adonan yang telah berbentuk bulat-bulat kecil dalam cetakan (cetakan bisa menggunakan tutup air galon).
  10. Kukus selama 5 menit.
  11. Lepas rengginag dari cetakan dan jemur selama 1 hari.
  12. Goreng rengginang dalam minyak goreng yang mendidih. 
Previous
Next Post »